Arsitektur Literasi Bermakna : TIK 9 – Geogebra (Persamaan Kuadrat)

Persamaan dan Fungsi Kuadrat (Geogebra)

Mendesain Grafik Persamaan dan Fungsi Kuadrat menggunakan aplikasi Geogebra.

Sebelum memulai pelajaran TIK kelas 9 dengan materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat menggunakan Geogebra, baca dan simak tujuan pembelajaran berikut ini :

Tujuan pembelajaran

  1. Dengan membaca ebook dan mengamati video tentang aplikasi mengenal grafik matematika geogebra peserta didik dapat mengidentifikasi tools yang terdapat pada aplikasi dengan benar dan teliti serta mengamalkan niai rajin dan giat. (C1)
  2. Dengan membaca ebook dan mengamati video tentang aplikasi membuat grafik matematika Geogebra peserta didik dapat menjelaskan tools yang terdapat pada aplikasi dengan benar dan teliti serta mengamalkan nilai rajin dan giat. (C2)
  3. Dengan membaca ebook dan mengamati video tentang cara mendesain dan mengeksport grafik pada aplikasi Geogebra peserta didik dapat menganalisis teknik-teknik pembuatan grafik dan cara mengeksport grafik menjadi gambar,dengan benar dan teliti serta mengamalkan nilai rajin dan giat. (C3)
  4. Setelah mempelajari konsep persamaan, fungsi kuadrat dan konsep Geogebra peserta didik dapat mendesain grafik persamaan dan fungsi kuadrat menggunakan Geogebra.(P6)

Setelah membaca tujuan pembelajaran tersebut, mari kita mulai pembelajaran tentang Geogebra (Persamaan dan Fungsi Kuadrat) dengan membaca materi dan menonton video tutorial di bawah ini!

Fungsi kuadrat merupakan salah satu materi mata pelajaran matematika yang diajarkan pada jenjang SMP dan SMA. Fungsi kuadrat dapat juga disebut sebagai fungsi parabola, karena bentuk dari grafik fungsi kuadrat berbentuk parabola. Grafik fungsi kuadrat dapat berupa grafik yang terbuka ke atas atau terbuka ke bawah.
 
Sebelum membahas lebih lanjut tentang kondisi-kondisi seperti apa yang menyebabkan grafik fungsi kuadrat terbuka ke atas atau terbuka ke bawah, sebaiknya kita lihat terlebih dahulu bentuk umum dari fungsi kuadrat berikut:

f(x)=ax2+bx+c

Agar lebih mudah dan kita mampu menyimpulkan kondisi yang seperti apa sehingga grafik fungsi kuadrat harus terbuka ke atas ataukah terbuka ke bawah, maka kita dapat menggunakan GeoGebra sebagai alat bantu simulasi grafik fungsi kuadrat tersebut.
 
Berikut ini merupakan langkah-langkah membuat simulasi grafik fungsi kuadrat menggunakan GeoGebra:
  1. Buka lembar GeoGebra
  2. Buatlah 3 slider, yaitu slider a, slider b, dan slider c.
  3. Pada menu input ketikkan ax^2+bx+c
  4. Untuk mengetahui beragam kondisi grafik fungsi kuadrat, geserlah slider a, b atau c.

Melalui kegiatan tersebut, kita akan dapat menyimpulkan berbagai kondisi dan posisi grafik fungsi kuadrat dengan membandingkan nilai slider a, b, dan c dengan perubahan grafik fungsi kuadrat yang dibuat. Menggunakan media ini, diharapkan pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.

Berikut Modul/ e-book dasar GeoGebra :

Agar lebih jelas, simak video tutorialnya berikut ini:

Setelah menyaksikan video tutorial tersebut, mari kita menjawab/ mengisi kuisioner berikut ini:


Facebook Comments

Tentang adminSFD

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
albrianta@gmail.com
albrianta@gmail.com
Guest
20/11/2020 9:15 AM

albrianta@gmail.com

    trackback
    18/07/2021 1:23 AM

    ... [Trackback]

    [...] There you will find 36042 additional Info to that Topic: smpstmariakaro.net/arsitektur-literasi-bermakna-tik-9-microsoft-excel/ [...]

      trackback
      28/07/2021 6:12 AM

      ... [Trackback]

      [...] Here you can find 97719 additional Information on that Topic: smpstmariakaro.net/arsitektur-literasi-bermakna-tik-9-microsoft-excel/ [...]

        trackback
        21/08/2021 9:38 PM

        ... [Trackback]

        [...] Read More here on that Topic: smpstmariakaro.net/arsitektur-literasi-bermakna-tik-9-microsoft-excel/ [...]

          4
          0
          Would love your thoughts, please comment.x
          ()
          x