6_3_TIK : Desain Poster

Sebelum memulai pelajaran TIK kelas 9 tentang desain grafis, maka baca dan simak terlebih dahulu tujuan pembelajaran berikut ini :

Pengetahuan
  1. Setelah mengamati video pembelajaran dan modul pembelajaran tentang Desain Grafis, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur utama desain komunikasi visual dengan sikap ramah. (C1)
  2. Setelah mengamati video pembelajaran dan modul pembelajaran tentang Desain Grafis, peserta didik mampu menganalisis kaidah-kaidah utama desain komunikasi visual dengan sikap ramah. (C4)
  3. Setelah mengamati video pembelajaran dan modul materi, peserta didik mampu membuat desain produk komunikasi visual dengan sikap ramah. (C6)
Keterampilan
Melalui kajian materi advertisement, peserta didik mendesain satu contoh advertisement dalam bentuk poster dengan mengutamakan sikap Ramah. (P5)

saat ini, desain grafis lebih dikenal dengan “desain komunikasi visual” atau biasa disingkat dengan sebutan DKV. Disebut seperti itu karena peran desain grafis dalam mengkomunikasikan pesan dan informasi kepada audiens dengan cara sentuhan visual yang sangat kental, seperti: warna, ilustrasi, tipografi, garis dan sebagainya. Bahkan, desain grafis sering dikategorikan sebagai commercial art karena merupakan paduan antara seni rupa dengan komunikasi untuk tujuan bisnis.

Dalam Encyclopedia of Graphic Design Designers (Living Stone, 1994: 90) disebutkan, “Graphic design is generic term for the activity of combining typography, illustration, photography and printing for purposes of persuasion, information or instruction.” Artinya, desain grafis adalah proses mengombinasikan tipografi, ilustrasi, fotografi dan cetak untuk tujuan persuasif (mengajak), memberikan informasi atau perintah.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar. Mengapa bisa begitu? Yah, tak lain tak bukan karena teks juga merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Oleh itulah, terkadang kita juga bisa menikmati sebuah seni visual grafis yang tidak berupa gambar, tapi serangkaian huruf yang dibentuk dengan indah.

adapun jenis-jenis desain grafis antara lain ;

  1. drafter yaitu desain khusus yang membuat tentang arsitektur seperti bangunan,gedung
  2. editor desainer khusus yang menyangkut tentang membuat kaver,sampul,bener,kartu nama , dll...
  3. layouter desainer khusus yang menyangkut tentang membuat majalah dan koran
  4. art director, desainer khusus unuk membuat karya karya seni dari komputer yang bisa digunakan untuk visual effects ataupun hanya untuk hiasan saja
  5. fotografer, Desainer khusus yang selain melakukan pengeditan foto juga merangkap sebagai fotografer, harus memiliki talenta khas fotografer serta mampu mengedit foto sesuai event atau yang perfect
  6. animator Desainer khusus bekerja pada bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Harus memiliki daya tahan tinggi, pengetahuan yang cukup tinggi , pengalaman dan harus menguasai Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effects, 3d Maya, Gif Animator dan Corel Rave. Dibutuhkan di dunia advertising, perfilman, pertelevisian.
  7. visualisator Desainer khusus untuk memberikan gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real / 3d dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi serta harus menguasai 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk.
  8. video editor Desainer khusus untuk mengedit video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, harus memiliki imajinasi tinggi dan harus menguasai Adobe.
  9. integrated desain Desainer khusus yang membutuhkan integrasi dengan programmer misalnya pembuatan game, cd interaktif, web desain, dsb. Sedangakan anda harus menguasai hampir semua elemen desain. Sangat dibutuhkan di industri informatika.
FileMedia
Rahasia Desain Grafis - Desain Komunikasi Visual (DKV)
Pengenalan Desain Grafis
WikipediaDownload
pdfDownload
pdfDownload

Setelah mengerjakan tugas pengetahuan di atas, maka kerjakan tugas keterampilan berikut ini :

Membuat desain poster.

Facebook Comments

Tentang adminSFD

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
7 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
Leiden tarigan
Member
13/02/2021 10:57 AM

Desain gragis

    that asmr
    Guest
    29/04/2021 4:39 PM

    I blog frequently and I really appreciate your content. Your
    article has truly peaked my interest. I am going to bookmark your website and keep checking for new information about
    once a week. I subscribed to your RSS feed as well.

      signup.com
      Guest
      15/05/2021 2:35 PM

      scoliosis
      Thank you, I have just been searching for info about this topic for a long time
      and yours is the greatest I have discovered so far.
      But, what about the bottom line? Are you positive in regards to the source?
      scoliosis

        asmr this
        Guest
        21/05/2021 3:19 PM

        This is a very good tip particularly to those fresh to the blogosphere.
        Brief but very accurate info… Thanks for sharing this
        one. A must read post!

          a scoliosis
          Guest
          31/05/2021 9:25 AM

          My family members all the time say that I am wasting my time here at web, except I know I am getting knowledge daily by reading such fastidious
          articles or reviews.

            trackback
            20/07/2021 5:24 AM

            ... [Trackback]

            [...] Here you will find 26232 additional Information to that Topic: smpstmariakaro.net/6_3_tik-desain-grafis-poster/ [...]

              trackback
              20/07/2021 5:25 AM

              ... [Trackback]

              [...] Read More on that Topic: smpstmariakaro.net/6_3_tik-desain-grafis-poster/ [...]

                7
                0
                Would love your thoughts, please comment.x
                ()
                x