6_2 IPS TERPADU VII : KEGIATAN EKONOMI

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah menyaksikan video pembelajaran tentang kegiatan produksi peserta didik mampu menjelaskan faktor produksi alam dalam kegiatan ekonomi (C5)
  2. Melalui video pembelajaran peserta didik menjelaskan tentang peran kegiatan distribusi dalam kegiatan ekonomi (C5)).
  3. Setelah menyaksikan video pembelajaran tentang kegiatan konsumsi peserta didik mampu menjelaskan faktor konsumsi dalam kegiatan ekonomi (C5)
  4. Mempersentasikan  profesi/perkerjaan salah satu orang tua ( ibu/ayah) dalam bahasa indonesia  dampak profesi tersebut tehadap pertumbuhan ekonomi keluarga dalam bentuk video.

DISKRIPSI TEMA ” I LOVE MY OCCUPATION “

Dalam mata pelajaran  IPS, melalui sumber belajar video pembelajaran dan ebook tentang Kegiatan Ekonomi peserta didik mampu  memahami tentang kegiatan produksi peserta didik mampu menjelaskan  faktor produksi dalam kegiatan ekonomi, peserta didik    menjelaskan  pembelajaran   tentang kegiatan distribusi  dalam kegiatan ekonomi dan tentang kegiatan  konsumsi . Setelah memahami Pengetahuan secara factual, konseptual, Prosedural dan mungkin Metakognisi, maka diharapkan peserta didik mampu melaksanakan Aksi yaitu Mempersentasikan  profesi salah satu orang tua ( ibu/ayah) dalam bahasa inggris  dan dampak profesi tersebut tehadap pertumbuhan ekonomi keluarga dengan menggunakan “simple present tense “ dalam bentuk video.

MATERI PEMBELAJARAN : KEGIATAN EKONOMI

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok untuk memperoleh barang dan atau jasa guna memenuhi kebutuhan hidupnya dengan saling mempertukarkan atau menukarnya dengan mata uang.Kegiatan ekonomi manusia pada jaman dulu adalah barter atau saling mempertukarkan barang. Nelayan menukar ikan hasil tangkapannya dengan beras dengan petani.Dalam upaya untuk memenuhi tujuan kegiatan ekonomi tersebut, manusia harus melakukan beberapa hal. Secara umum, kegiatan ekonomi terdiri dari beberapa aktivitas, antara lain:

  • Produksi yaitu proses menghasilkan barang atau jasa.
  • Distribusi yaitu proses menyalurkan barang atau jasa ke konsumen.
  • Konsumsi yaitu proses penggunaan terhadap barang atau jasa.

Jenis Kegiatan Ekonomi

A.Produksi

Kegiatan produksi adalah suatu aktivitas atau pekerjaan yang dapat menghasilkan suatu produk, baik itu barang maupun jasa. Faktor faktor produksi yang ada, meliputi faktor produksi alam, faktor produksi tenaga kerja, faktor produksi modal dan faktor produksi keahlian manajerial

1 Faktor Produksi Alam

Faktor produksi alam adalah faktor penunjang kegiatan produksi yang tersedia di alam. Faktor ini meliputi tanah, air, hasil hutan, lautan, hasil laut, dan lain sebagainya.

Contoh

Ketika kita memproduksi padi, maka ada peran faktor produksi alam berupa tanah, air hujan, iklim dan sebagainya. Tanah yang subur dapat membantu pertumbuhan padi dengan baik. Begitu pula air hujan dan iklim yang bisa mendukung pertumbuhan padi sehingga bisa bernilai dan dimanfaatkan.

2.Faktor Produksi Tenaga Kerja

Faktor produksi tenaga kerja adalah faktor produksi yang bentuknya berupa tenaga kerja manusia atau yang biasa disebut sebagai Sumber Daya Manusia (SDM). Tenaga kerja ini memegang peranan penting dalam menjalankan berbagai kegiatan produksi.

3.Faktor Produksi Modal

Modal adalah sesuatu yang dibuat dan digunakan untuk mencapai tujuan manusia.

Contoh

Seorang nelayan sebelum pergi berlayar, harus menggunakan tenaganya untuk membuat jaring, atau kapal. Inilah modal yang harus dimiliki oleh nelayan untuk menangkap ikan. Dengan meningkatnya barang modal, maka hasil produktivitas akan semakin banyak

4. Faktor Produksi Keahlian Manajerial

Faktor produksi keahlian manajerial ini adalah kemampuan dalam mengelola dan mengorganisis berbagai faktor produksi sehingga proses produksi yang berlangsung dapat berjalan secara efektif dan efisien

B.Kegiatan Distribusi

Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dari produsen ke konsumen sehingga produk tersebut tersebar luas ke masyarakat yang membutuhkan.

Contoh kegiatan distribusi misalnya;

  • Proses penyaluran beras dari distributor ke pengecer kecil yang kemudian dijual ke konsumen akhir.
  • Proses penjualan surat kabar, majalah, tabloid, buku, dan media lainnya ke pembaca.

Jenis-Jenis Distribusi

Berdasarkan hubungan antara produsen dan konsumen, sistem distribusi dibedakan menjadi yaitu sebagai berikut ini :

· Distribusi Langsung

yaitu kegiatan penyaluran atau penjualan barang yang dilakukan secara langsung oleh produsen ke konsumen yang dilakukan tanpa perantara.

– Distribusi Semi Langsung

menyalurkan barang dari produsen melalui perantara dari produsen/ toko milik sendiri ke  konsumen. Atau distribusi langsung yaitu kegiatan menyalurkan barang atau jasa melalui pihak penghubung ataupun toko yang dimiliki oleh produsen itu sendiri. Biasanya distribusi semi langsung ini menggunakan tenaga agen yang ahli di dalam bidang tertentu karena barang-barang yang didistribusikan juga membutuhkan penangan tertentu. Biasanya sistem distribusi ini digunakan untuk mendistribusi barang-barang yang mahal, berkualitas tinggi.

· Distribusi Tak Langsung

Yaitu kegiatan penyaluran atau penjualan barang dari produsen kepada konsumen melalui perantara. Perantara yang terlibat kegiatan jual beli yaitu pedagang, agen, makelar, dan komisioner.

 

C.Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah aktivitas penggunaan atau memakai barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen.

Beberapa contoh kegiatan konsumsi misalnya;

  • Rumah tangga keluarga membeli makanan, minuman, pakaian, gadget, dan lain sebagainya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Penggunaan daya listrik untuk keperluan rumah tangga dan perusahaan atau industri.
  • Perusahaan multifinance membeli Alat Tulis Kantor, meja dan kursi, serta perangkat komputer untuk memenuhi kebutuhan kerja pegawainya.

 

Pelaku Kegiatan Ekonomi

pelaku ekonomi, yaitu orang/lembaga/instansi pemerintahan yang melakukan kegiatan ekonomi. Di dalam ekonomi yang lebih luas, pelaku kegiatan ekonomi tidak hanya sebatas konsumen dan produsen. Penjual dan pembeli. Tetapi, lebih dari itu, termasuk pemerintah dan masyarakat luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa pelaku kegiatan ekonomi dan perannya:

1. Rumah Tangga Konsumsi

Rumah tangga konsumsi (konsumen) adalah individu atau sekelompok orang yang melakukan aktivitas konsumsi. Peran konsumen adalah sebagi pengguna akhir dari sebuah barang atau jasa.

2. Rumah Tangga Produksi

Rumah tangga produksi (produsen) adalah individu atau sekelompok orang yang melakukan aktivitas produksi. Kegiatan produksi tersebut menghasilkan suatu  produk baik itu barang maupun jasa tertentu yang dibutuhkan oleh rumah tangga konsumsi.

3. Perusahaan

Perusahan adalah empat terjadinya kegiatan produksi, baik barang dan jasa, serta tempat berkumpulnya semua faktor produksi. Perusahaan di Indonesia terdiri dari BUMN, swasta, dan koperasi.

4. Pemerintah

Pemerintah sangat berperan penting dalam aktivitas ekonomi di suatu negara. Pemerintah memiliki kewenangan tertentu dan dapat mengendalikan berbagai aktivitas perekonomian melalui kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan.

Setelah kamu membaca teks materi pembelajaran kita,kamu saksikan penjelasan materi melalui video pembelajaran berikut ini :

Tugas

Soal LMS Jilid II Semester Genap

Kelas VII 1 Kelas VII 2 Kelas VII 3 Kelas VII 4 Kelas VII 5 Kelas VII 6 Kelas VII 7 Kelas VII 8

Terima kasih

Facebook Comments

Tentang gsmdanialginting

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
19/07/2021 11:11 PM

... [Trackback]

[...] Find More on to that Topic: smpstmariakaro.net/6_2-ips-terpadu-vii-kegiatan-ekonomi/ [...]

    1
    0
    Would love your thoughts, please comment.x
    ()
    x