1_1 IPS KELAS VII : Interaksi Sosial

INTERAKSI SOSIAL

Tujuan Pembelajaran 

  1. Setelah mengamati video pembelajaran peserta didik mampu menjelaskan interaksi sosial dengan benar menurut Soerjono Soekanto berdasarkan nilai persaudaraan ( C2 )
  2. Setelah mengamati video pembelajaran peserta didik menjelaskan syarat terjadinya interaksi sosial berdasarkan nilai persaudaraan. (C3)
  3. Setelah mengamati video pembelajaran peserta didik mampu menerapkan bentuk-bentuk interaksi social dalam kehidupan sehari-hari. ( C5 )

Materi Pembelajaran

Pergertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu maupun kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial bisa terjadi di mana saja, termasuk di lingkungan sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kehidupan sehari-hari seseorang tidak bisa lepas dari yang namanya interaksi sosial. Interaksi sosial bisa dibilang hubungan sosial yang saling memengaruhi antara manusia satu dengan manusia lainnya.

Pergertian Interaksi Sosial menurut para ahli 

Hubert Bonner dalam Social Psychology (1953) menjelaskan interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua atau lebih individu. Perilaku individu yang satu memengaruhi, mengubah atau memperbaiki kelakuan individu yang lain, atau sebaliknya.

Menurut John Lewis Gillin dan John Philip Gillin dalam Cultural Sociology, a Revision of An Introduction to Sociology (1954), interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia.

Kimball Young dan Raymond, W. Mack dalam Sociology and Social Life (1954) menerangkan interaksi sosial adalah kunci dari semua kehidupan sosial, tanpa interaksi sosial tidak akan mungkin ada kehidupan bersama.

Soerjono Soekanto dalam Sosiologi: Suatu Pengantar (1994), menjelaskan interaksi sosial adalah sebuah proses sosial yang mempunyai hubungan dengan berbagai cara berhubungan. Baik sesama individu maupun kelompok tertentu, yang bertujuan untuk membangun sistem dalam sebuah hubungan sosial

Syarat Interaksi Sosial

Interaksi sosial tidak terjadi apabila tidak memenuhi dua syarat ini, yaitu kontak sosial dan komunikasi.

1. Kontak sosial

Kontak sosial adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang dalam proses interaksi sosial. Kontak artinya sama-sama menyentuh, tetapi dalam interaksi sosial, kontak tidak selalu terjadi interaksi atau hubungan fisik karena orang bisa berbicara melalui telepon, ponsel maupun surat.

2. Komunikasi

Komunikasi menjadi satu di antara syarat interaksi sosial karena dengan adanya komunikasi, pesan yang ingin kita sampaikan jadi tersampaikan. Secara harfiah, komunikasi adalah kegiatan saling menafsirkan perilaku (gerakan fisik, pembicaraan atau sikap), dan perasaan-perasaan yang tersampaikan.

Berikut ini beberapa ciri-ciri interaksi sosial:

  • Jumlah pelaku lebih dari satu orang, hal ini karena interaksi membutuhkan aksi dan reaksi.
  • Adanya komunikasi menggunakan simbol-simbol tertentu. Simbol yang paling umum digunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah simbol yang disampaikan harus dipahami oleh pihak-pihak yang berkomunikasi agar komunikasi tersebut berjalan lancar.
  • Dalam interaksi sosial juga ada dimensi waktu, yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan. Hal ini berarti dalam setiap interaksi sosial ada konteks waktu yang menentukan batasan dari interaksi tersebut.
  • Adanya tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut dapat menentukan apakah interaksi akan mengarah kepada kerja sama atau mengarah kepada pertentangan.

Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Bentuk – Bentuk Interaksi Sosial ada dua yaitu Asosiatif dan Disosiatif

          A.Bentuk – Bentuk Interaksi Sosial asosiatif

           Interaksi sosial asosiatif adalah bentuk interaksi sosial positif yang mengarah pada kesatuan dan kerja sama.

 

Soal- soal 

Kelas VII 1 Kelas VII 2 Kelas VII 3 Kelas VII 4 Kelas VII 5 Kelas VII 6 Kelas VII 7 Kelas VII 8

 

———————————Selamat berkerja ————————————————

Facebook Comments

Tentang gsmdanialginting

2.3 4 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x